Profesi di Bidang IT & Profesionalisme

 


PROFESSIONS




Haiii disini dengan Shofiaaa!!! kali ini aku akan kembali membagikan materi perkuliahan Etika Profesi yang aku dapat di pertemuan minggu lalu.

Perkuliahan dilaksanakan pada hari Senin, 04 September 2023 secara daring. Materi disampaikan oleh Bapak Fahrobby Adnan S.Kom., M.MSI, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Jember di rekaman kuliah yang ada di MMP. Materi yang dibahas yaitu tentang “Profesi di Bidang IT & Profesionalisme”. Jadi sudah cukup jelas kan guyss, disini aku akan meresume sedikit penjelasan dari masing-masing topik. Seperti, apa itu Profesi di bidang IT? dan, mengapa disetiap profesi sangat perlu kinerja yang profesional? Lalu apa pula yang dinamakan profesionalisme? simak sampai bawah dongg yaaa.

Professions and Professional
Professions atau bisa juga disebut sebagai profesi adalah panggilan/sebutan yang membutuhkan keahlian khusus dan persiapan akademik yang panjang dan intensif (George Reynolds, 2014). The United States Code of Federal Regulations (The US CFR) mendefinisikan seorang "professional employee" adalah orang yang terlibat dalam pekerjaan dimana : 
  1. Membutuhkan pengetahuan advance di bidang sains yang biasanya diperoleh melalui intelektual khusus dan pendidikan di institusi pendidikan tinggi atau rumah sakit.
  2. Mensyaratkan untuk melaksanakan kebijakan atau aturan dan penilaian atas kinerjanya.
  3. Di dominasi karakter intelektual
Apakah pekerja IT Profesional?
Menurut Merriam-Webster, "A professional is relating to a job that requires special education, training, or skill". Ini berarti seseorang yang profesional di bidang pekerjaannya pasti terlebih dahulu mengenyam pendidikan, pelatihan, dan memiliki keterampilan khusus. Ketiga persyaratan tersebut sangat dibutuhkan oleh IT profesional dalam mengatasi komputasi saat ini. IT profesional harus ditandai dengan penyesuaian terhadap etika dan standar sebuah profesi. Jika standar teknik bergerak maju disetiap industri, lain halnya dengan industri IT yang mengalami perkembangan sangat cepat dan luas. Perkembangan teknologi baru yang kian cepat menuntut IT profesional untuk mampu beradaptasi dan selalu upgrade  keterampilan serta pengetahuan baru. 

Mengatur Etika Profesional Anda sendiri
Seorang IT profesional harus open mind atau memiliki pemikiran terbuka terhadap teknologi baru yang dibutuhkan perusahaan dan pasar. Harus bisa membangun komunikasi dan hubungan yang baik di tempat kerja. Baik itu dengan atasan, klien, stakeholder, masyarakat, dan lain sebagainya. Lalu dapat melaksanakan tugas dan fungsinya secara baik dan benar, serta berkomitmen meningkatkan kemampuan di bidang IT. Terakhirr yaitu dapat memahami berbagai standar etika profesional yang mengatur dan mengikat masing-masing bidang profesi berdasarkan pada body of knowladge (BoK) atau aturan yang mengikat di masing-masing asosiasi profesi. 



PROFESIONALISME



Sumber gambar : https://th.bing.com

    • Menurut KBBI, profesionalisme adalah mutu, kualitas, dan tindak tanduk yang merupakan ciri suatu profesi atau orang yang profesional. Hal ini seperti hasil kinerja seorang profesional, kualitas pekerjaannya, bagaimana dia bersikap, tindak tanduknya, itu semua adalah ciri suatu profesi atau orang yang profesional. 
    • Profesionalisme sendiri adalah kompetensi untuk melaksanakan tugas dan fungsinya secara baik dan benar dan juga komitmen dari para anggota dari sebuah profesi untuk menunjukkan kemampuan dari seorang karyawan. 
    • Profesionalisme juga bisa merupakan perpaduan antara kompetensi (hard skill) dan karakter (soft skill, bagaimana dia bersikap, menjalin komunikasi, kejujuran, manner/attitude) yang menunjukkan adanya tanggung jawab moral. 

Ciri-ciri Profesionalisme di bidang IT :
  
  1. Mempunyai keterampilan yang tinggi dalam suatu bidang serta kemahiran dalam menggunakan peralatan tertentu yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas yang bersangkutan dengan bidang IT. 
  2. Mempunyai ilmu dan pengalaman serta kecerdasan dalam menganalisis suatu masalah dan peka dalam membaca situasi cepat dan tepat serta cermat dalam mengambil keputusan terbaik atas dasar kepekaan (hard skill). 
  3. Mempunyai sikap berorientasi ke depan sehingga punya kemampuan mengantisipasi perkembangan lingkungan yang terbentang di hadapannya. 
  4. Mempunyai sikap mandiri berdasarkan keyakinan akan kemampuan pribadi serta terbuka menyimak dan menghargai pendapat orang lain. 




sumber gambar : https://i.pinimg.com


Beberapa profesi/jabatan/roles biasanya memiliki tingkatan : JUNIOR - MIDDLE - EXPERT (Senior)


JENIS-JENIS PROFESI DI BIDANG IT :
Ada kelompok profesi di bidang IT nih guys, apa aja? ternyata ada 5 kelompok profesi loh..
  • Software Engineering (rekayasa perangkat lunak) biasanya cocok untuk anak prodi TI.
  • IT Engineer (prodi TI, IF)
  • IT Operational (prodi TI)
  • IT Management (prodi SI)
  • Data & Business (prodi IF) 

Profesi yang terdapat pada SOFTWARE ENGINEERING : bagaimana cara kita menyusun atau mengembangkan sebuah aplikasi.
  1. Project Manager, tugasnya adalah mengelola project
  2. System Analist, menganalisis kira-kira sistem apa sih yang dibutuhkan dalam sebuah organisasi. Agak sulit untuk menjadi sistem analis ketika baru lulus wisuda atau fresh graduate karena jam terbang dan bobot pekerjaannya tinggi. Harus mempunyai pengalaman terlebih dahulu. 
  3. System Architec/System Designer, menerjemahkan hasil analisis tadi (hasil analisis dari sistem analis).
  4. Programmer, tugasnya adalah menyusun kode-kode program dari hasil desain system designer. Simpelnya, programmer adalah tukang jahitnya.
  5. Mobile App Developer, yaitu pengembang aplikasi yang khusus bergerak di bidang mobile. Seperti handphone, smartphone.
  6. Front-end Developer
  7. Back-end Developer
  8. Website Developer
  9. Quality Control (QC) Manager
  10. Quality Assurance (QA)Manager
  11. UI/UX Designer

IT ENGINEER : Hal-hal perencanaan atau perancangan di bidang tertentu, seperti di jaringan, data base
    • IT Support Manager, tugasnya yaitu memfasilitasi kebutuhan IT di sebuah perusahaan
    • IT Support Specialist, support khusus di bidang tertentu
    • Network Architect, profesi yang fokusnya lebih ke arah merancang jaringan komputer di sebuah instansi
    • Network Engineer, mengelola jaringan
    • Network System Administrator, sebagai pengelola kalau ada orang minta akses. Mengelola sistem jaringannya 
    • IT Security Specialist, khusus menangani tentang keamanan di bidang IT entah itu di sisi aplikasinya
    • Technical Support Engineer, lebih ke arah ada yang membutuhkan bantuan. 

IT Operations : Ketika IT itu sudah beroperasi / berjalan
      • EDP Operator
      • System Administrator
      • Website Administrator (berfokus di aplikasi yang berbasis website)
      • Helpdesk Technician
      • Helpdesk Specialist

Data & Business : 
  1. Data Scientist, ilmuwan yang meneliti tentang data
  2. Data Analytics manager
  3. Data Center Manager
  4. Data Quality Specialist
  5. Database Designer
  6. Database Administrator
  7. IT Strategy Specialist
  8. Digital Content Writer
  9. Online Marketing Specialist

IT Management : 
      • IT Auditor
      • IT Consultant, konseling di bidang IT
      • IT Governance Specialist, khusus untuk kata kelola IT

Nahh gimana guyss rangkuman materi yang aku sampaikan diatas tadi? cukup lengkap, bukan? Kalau kalian sedang menempuh pendidikan di fakultas Ilmu Komputer, nantinya bakal banyak profesi-profesi yang akan kalian pilih sesuai dengan bakat dan minat kalian masing-masing. Jangan lupa harus tetap menjaga profesi yang kalian miliki dengan bersikap profesional agar standar sikap profesionalisme tetap terjaga. 


Sampai jumpa di materi berikutnya ya, maaf bila ada salah kata ataupun kalimat. Shofia pamit undur diri, byeeeeeee!!!!!!!!!














Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa sih, Etika profesi itu? Apa kaitannya dengan Moral dan Hukum? Yuk, disimak!!

Kode Etik dalam Etika Profesi